Cara Melihat Password WiFi yang Sudah Terhubung

Selamat datang, Sobat SinarNarasi!

Hello, Sobat SinarNarasi! Sudah pernahkah kalian mengalami masalah ketika ingin terhubung ke jaringan WiFi di tempat umum tapi tidak tahu password-nya? Atau mungkin kamu pernah lupa password WiFi di rumahmu sendiri? Tenang saja, dalam artikel ini kita akan membahas cara melihat password WiFi yang sudah terhubung di perangkatmu. Yuk, simak selengkapnya!

Bagi sebagian orang, terhubung ke WiFi adalah hal yang sangat penting. Terutama bagi mereka yang bekerja dari rumah atau perlu mengakses internet untuk kebutuhan lainnya. Namun, sangat sering kita lupa password WiFi yang sudah terhubung di perangkat kita. Apa yang harus dilakukan dalam situasi seperti ini? Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan Command Prompt.

Command Prompt adalah salah satu fitur bawaan di sistem operasi Windows yang memungkinkan pengguna untuk melakukan perintah-perintah tertentu melalui antarmuka teks. Untuk melihat password WiFi yang sudah terhubung, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka Command Prompt

Pertama-tama, kamu perlu membuka Command Prompt. Caranya cukup mudah, kamu bisa mengetikkan ‘cmd’ pada kolom pencarian di menu Start atau tekan tombol ‘Windows + R’ pada keyboardmu, kemudian ketikkan ‘cmd’ pada kotak dialog yang muncul dan tekan Enter.

Langkah 2: Tampilkan Daftar Jaringan WiFi yang Pernah Terhubung

Selanjutnya, ketikkan perintah ‘netsh wlan show profile’ pada Command Prompt dan tekan Enter. Perintah ini akan menampilkan daftar jaringan WiFi yang pernah terhubung di perangkatmu. Cari nama jaringan WiFi yang ingin kamu lihat password-nya dan catat nama profilnya.

Langkah 3: Tampilkan Password WiFi yang Sudah Terhubung

Sekarang, ketikkan perintah ‘netsh wlan show profile name=[nama profil] key=clear’ pada Command Prompt, ganti [nama profil] dengan nama profil jaringan WiFi yang ingin kamu lihat password-nya. Tekan Enter dan kamu akan melihat informasi detail tentang jaringan WiFi tersebut, termasuk password-nya.

Itulah cara melihat password WiFi yang sudah terhubung dengan menggunakan Command Prompt pada perangkat Windows. Namun, kamu juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti WirelessKeyView atau WiFi Password Revealer sebagai alternatif. Pastikan kamu mendownload aplikasi tersebut dari sumber yang terpercaya dan jangan lupa untuk melakukan scan antivirus terlebih dahulu.

Berikut adalah beberapa tips tambahan yang dapat membantu kamu dalam menghindari lupa password WiFi:

Tips 1: Buat Catatan Password

Saat mengatur jaringan WiFi, kamu dapat membuat catatan password di tempat yang mudah dilihat atau di aplikasi manajemen password. Dengan begitu, kamu dapat dengan mudah mengakses password WiFi yang kamu miliki tanpa perlu mengingatnya terus-menerus.

Tips 2: Gunakan Password yang Mudah Diingat

Buat password WiFi yang mudah diingat, namun cukup kuat untuk mencegah orang lain yang tidak memiliki hak akses masuk ke jaringanmu. Gunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol untuk meningkatkan keamanan jaringanmu.

Tips 3: Aktifkan Opsi ‘Remember Password’

Pada beberapa perangkat, terutama smartphone, terdapat opsi ‘Remember Password’ ketika kamu terhubung ke jaringan WiFi. Aktifkan opsi tersebut agar perangkatmu dapat mengingat password WiFi yang sudah terhubung dan kamu tidak perlu terus-menerus memasukkan password.

Kesimpulan

Terhubung ke jaringan WiFi adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun, seringkali kita lupa password WiFi yang sudah terhubung di perangkat kita. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu dapat menggunakan Command Prompt pada sistem operasi Windows atau aplikasi pihak ketiga seperti WirelessKeyView atau WiFi Password Revealer. Selain itu, kamu juga dapat membuat catatan password, menggunakan password yang mudah diingat namun cukup kuat, dan mengaktifkan opsi ‘Remember Password’ pada perangkatmu. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kamu dalam mengatasi masalah lupa password WiFi. Terima kasih telah membaca, Sobat SinarNarasi!

Tinggalkan komentar