Contoh Soal Trigonometri dan Jawabannya Kelas 11

Hello Sobat SinarNarasi, kali ini kita akan membahas tentang contoh soal trigonometri dan jawabannya untuk kelas 11. Bagi kalian yang sedang belajar trigonometri, pasti tidak asing dengan istilah sin, cos, dan tan. Nah, sebelum kita masuk ke dalam contoh soalnya, mari kita ulas dulu konsep dasar trigonometri.

Konsep Dasar Trigonometri

Trigonometri adalah cabang matematika yang mempelajari tentang hubungan antara sudut dan sisi segitiga. Ada tiga jenis rasio trigonometri yang paling umum digunakan, yaitu sin (sinus), cos (kosinus), dan tan (tangen).

Untuk menghitung nilai dari ketiga jenis rasio trigonometri tersebut, kita perlu mengetahui nilai dari sudut segitiga. Sudut segitiga dibagi menjadi tiga jenis, yaitu sudut lancip, sudut tumpul, dan sudut siku-siku.

Untuk menghitung nilai dari ketiga jenis rasio trigonometri, kita perlu mengetahui nilai dari sudut segitiga. Sudut segitiga dibagi menjadi tiga jenis, yaitu sudut lancip, sudut tumpul, dan sudut siku-siku.

Setiap jenis sudut memiliki rasio trigonometri yang berbeda-beda. Berikut adalah rumus dasar rasio trigonometri:

  • Sin = Sisi Miring / Sisi Siku-siku yang Bersebrangan
  • Cos = Sisi Miring / Sisi Siku-siku yang Tumpul
  • Tan = Sisi Bersebrangan / Sisi Siku-siku yang Tumpul

Dari rumus di atas, kita bisa menghitung nilai dari ketiga jenis rasio trigonometri pada sudut segitiga.

Contoh Soal Trigonometri dan Jawabannya Kelas 11

Setelah memahami konsep dasar trigonometri, kita akan membahas contoh soal trigonometri dan jawabannya untuk kelas 11. Berikut adalah beberapa contoh soalnya:

Contoh 1: Tentukan nilai dari sin 30°.

Jawaban: Kita dapat menggunakan rumus sin = sisi miring / sisi siku-siku yang bersebrangan. Pada sudut 30°, sisi miring adalah 1 dan sisi siku-siku yang bersebrangan adalah 2. Sehingga, sin 30° = 1/2.

Contoh 2: Tentukan nilai dari tan 60°.

Jawaban: Kita dapat menggunakan rumus tan = sisi bersebrangan / sisi siku-siku yang tumpul. Pada sudut 60°, sisi bersebrangan adalah akar 3 dan sisi siku-siku yang tumpul adalah 1. Sehingga, tan 60° = akar 3.

Contoh 3: Tentukan nilai dari cos 45°.

Jawaban: Kita dapat menggunakan rumus cos = sisi miring / sisi siku-siku yang tumpul. Pada sudut 45°, sisi miring dan sisi siku-siku yang tumpul adalah sama-sama akar 2. Sehingga, cos 45° = akar 2/2.

Nah, itulah beberapa contoh soal trigonometri dan jawabannya untuk kelas 11. Semoga dapat membantu kalian dalam belajar trigonometri.

Kesimpulan

Trigonometri adalah cabang matematika yang mempelajari tentang hubungan antara sudut dan sisi segitiga. Ada tiga jenis rasio trigonometri yang paling umum digunakan, yaitu sin, cos, dan tan. Untuk menghitung nilai dari ketiga jenis rasio trigonometri tersebut, kita perlu mengetahui nilai dari sudut segitiga. Sudut segitiga dibagi menjadi tiga jenis, yaitu sudut lancip, sudut tumpul, dan sudut siku-siku. Dari ketiga jenis sudut tersebut, kita bisa menghitung nilai dari ketiga jenis rasio trigonometri menggunakan rumus sin, cos, dan tan. Semoga dengan adanya contoh soal trigonometri dan jawabannya untuk kelas 11 ini dapat membantu kalian dalam belajar trigonometri.

Tinggalkan komentar