Soal PKN Kelas 5 Semester 2 dan Kunci Jawabannya

Hello Sobat SinarNarasi!

Selamat datang kembali di website SinarNarasi! Kali ini kita akan membahas soal PKN kelas 5 semester 2 dan kunci jawabannya.

Pada semester 2 ini, materi yang dipelajari adalah tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), hak dan kewajiban sebagai warga negara, serta Peringatan Hari Besar Nasional.

Soal pertama: Sebutkan 5 provinsi di Indonesia yang terletak di bagian barat!

Jawabannya adalah Sumatera Barat, Aceh, Jambi, Bengkulu, dan Riau. Provinsi-provinsi tersebut memiliki beragam keunikan dan kekayaan alam yang hanya dapat ditemukan di Indonesia.

Soal kedua: Apa pengertian dari hak asasi manusia?

Hak asasi manusia adalah hak yang melekat pada diri manusia sebagai makhluk yang merdeka, yang tidak boleh dicabut oleh siapapun, kapanpun, dan di manapun. Hak asasi manusia mencakup hak hidup, hak atas kemerdekaan berpendapat dan berekspresi, hak atas keadilan, dan hak atas kesejahteraan.

Soal ketiga: Kapan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia?

Hari Kemerdekaan Indonesia diperingati setiap tanggal 17 Agustus. Pada tanggal tersebut, Indonesia merayakan kemerdekaannya dari penjajahan Belanda yang telah berlangsung selama 350 tahun.

Soal keempat: Apa tujuan dari Hari Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April?

Hari Kartini diperingati untuk mengenang jasa R.A. Kartini, seorang putri dari Jepara yang berjuang untuk memperjuangkan hak-hak perempuan di Indonesia pada masa kolonial. Tujuan dari peringatan Hari Kartini adalah untuk menghargai peran dan kontribusi perempuan dalam pembangunan negara.

Soal kelima: Siapakah presiden pertama Indonesia?

Presiden pertama Indonesia adalah Ir. Soekarno. Beliau menjabat sebagai presiden dari tahun 1945 hingga 1967 dan dianggap sebagai proklamator kemerdekaan Indonesia.

Soal keenam: Apa itu Pancasila?

Pancasila adalah dasar negara Indonesia yang terdiri dari lima sila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan Yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Soal ketujuh: Sebutkan empat pilar kebangsaan yang menjadi dasar kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia!

Empat pilar kebangsaan yang menjadi dasar kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia adalah: 1) Pancasila sebagai dasar negara, 2) UUD 1945 sebagai konstitusi negara, 3) Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan persatuan, dan 4) NKRI sebagai bentuk kedaulatan negara.

Soal kedelapan: Apa itu UUD 1945?

UUD 1945 adalah konstitusi negara Indonesia yang telah disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945. Konstitusi ini mengatur tentang berbagai hal yang berkaitan dengan negara, seperti hak dan kewajiban warga negara, sistem pemerintahan, dan hubungan antarlembaga negara.

Soal kesembilan: Apa itu Pancasila sebagai ideologi terbuka?

Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah sebuah konsep yang menekankan bahwa Pancasila dapat berkembang dan beradaptasi dengan perubahan zaman. Konsep ini juga menekankan bahwa Pancasila tidak hanya milik satu golongan atau kelompok, tetapi milik seluruh rakyat Indonesia.

Soal kesepuluh: Sebutkan 5 hak asasi manusia yang diakui secara internasional!

Lima hak asasi manusia yang diakui secara internasional adalah hak atas kebebasan berpendapat dan berekspresi, hak atas kemerdekaan beragama, hak atas keadilan, hak atas kesejahteraan, dan hak atas kebebasan dari diskriminasi.

Soal kesebelas: Apa yang dimaksud dengan hak kewajiban sebagai warga negara?

Hak kewajiban sebagai warga negara adalah hak dan kewajiban yang dimiliki oleh setiap warga negara dalam rangka membangun dan menjaga keutuhan negara. Contohnya adalah hak untuk memilih dan dipilih dalam pemilihan umum, serta kewajiban untuk membayar pajak dan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Soal keduabelas: Apa yang dimaksud dengan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia?

Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah suatu konsep yang menekankan bahwa setiap warga negara harus mendapatkan akses yang sama terhadap pengalaman hidup yang layak. Konsep ini juga menekankan bahwa kekayaan alam dan sumber daya alam harus dikelola secara adil untuk kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

Soal ketigabelas: Apa pengertian dari toleransi beragama?

Toleransi beragama adalah sikap saling menghargai dan menghormati perbedaan agama, keyakinan, dan kepercayaan yang dimiliki oleh orang lain. Sikap toleransi beragama sangat diperlukan untuk membangun persatuan dan kesatuan di Indonesia.

Soal keempatbelas: Apa itu bentuk negara Indonesia?

Bentuk negara Indonesia adalah negara kesatuan yang terdiri dari 34 provinsi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Negara kesatuan Indonesia memiliki pemerintahan yang sentralistik, yaitu pemerintah pusat yang mengatur seluruh wilayah Indonesia.

Soal kelima belas: Apa pengertian dari persatuan Indonesia?

Persatuan Indonesia adalah semboyan yang menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam membangun negara. Sikap persatuan sangat penting untuk menjaga keutuhan Indonesia sebagai negara yang beragam suku, agama, dan budaya.

Soal keenambelas: Sebutkan 3 perbedaan antara hak asasi manusia dengan hak kodrati!

Hak asasi manusia adalah hak yang melekat pada diri manusia sebagai makhluk yang merdeka, sedangkan hak kodrati adalah hak yang merupakan bawaan alamiah manusia. Selain itu, hak asasi manusia dapat diatur dan dijamin oleh negara, sedangkan hak kodrati tidak dapat diatur oleh negara. Terakhir, hak asasi manusia mencakup hak-hak yang lebih luas dan kompleks dibandingkan hak kodrati.

Soal ketigabelas: Apa pengertian dari hak atas pemilu?

Hak atas pemilu adalah hak yang melekat pada setiap warga negara untuk memilih dan dipilih dalam pemilihan umum. Hak ini sangat penting dalam menjaga keberlangsungan demokrasi di Indonesia.

Soal keempatbelas: Apa yang dimaksud dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika?

Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan yang menekankan bahwa meskipun Indonesia terdiri dari banyak suku, agama, dan budaya, namun semua itu dapat bersatu dalam satu negara yang kokoh dan kuat. Semboyan ini sangat penting untuk membangun persatuan dan kesatuan di Indonesia.

Soal kelima belas: Apa itu Undang-Undang Dasar?

Undang-Undang Dasar (UUD) adalah sebuah dokumen hukum yang menjadi dasar atau konstitusi sebuah negara. UUD mengatur tentang berbagai hal yang berkaitan dengan negara, seperti hak dan kewajiban warga negara, sistem pemerintahan, dan hubungan antarlembaga negara.

Kesimpulan

Itulah beberapa contoh soal PKN kelas 5 semester 2 dan kunci jawabannya. Kita dapat melihat bahwa materi PKN sangat penting untuk dipelajari karena berkaitan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.

Dengan memahami materi PKN, kita dapat menjadi warga negara yang cerdas, berbudaya, dan berkepribadian bangsa. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Sobat SinarNarasi dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian PKN!

Tinggalkan komentar